Home » The Origin of Blond Afros in Melanesia » PM Solomon meninggalkan PIF lebih awal

PM Solomon meninggalkan PIF lebih awal

by mnews
Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare – Solomon Star

Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare – Solomon Star


Honiara, Jubi  Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare terpaksa memotong pendek perjalanannya ke ibukota Samoa Apia pekan lalu untuk Forum Kepulauan Pasifik ke-48 minggu lalu “karena situasi politik dalam negeri terkait penyingkirannya dari jabatan”.
Hal ini dijealskan oleh Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Sailele Maliegagoe, pada sebuah konferensi pers Kamis lalu ketika ditanya mengapa rekannya dari Kepulauan Solomon, Sogavare, dan Presiden Negara Federasi Mikronesia Peter Christian meninggalkan forum lebih awal.
“Di Kepulauan Solomon bila Perdana Menteri pergi untuk waktu yang lama, akan selalu ada upaya untuk menyingkirkannya,” kata Tuilaepa Sailele Malielegaoe dengan nada mengejek.
Akibat kepulangan PM Sogavare, Menteri Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan yang mewakili negara tersebut dalam pertemuan PIF lainnya termasuk Retreat Para Pemimpin.
Solomon Star telah mengirimkan email seperti yang disarankan dan Menteri Akwai membalas dengan mengirimkan kembali sebuah memo yang sudah dia sebarkan bulan Agustus.
Di memo tersebut tertulis: ”OPMC (Kantor Perdana Menteri dan Kabinet) tidak akan menanggapi permintaan yang tidak terverifikasi dan tidak berdasar meskipun ada korespondensi tertulis, khususnya ke media yang menunjukkan standar ganda, memanipulasi informasi secara tidak etis untuk memutarbalikkan fakta, tidak menghadiri konferensi pers saat diundang, dan menolak menerbitkan pernyataan yang dikirim oleh OPMC.”
Sejak menjabat, Akwai telah menunjukkan ketidakprofesionalan melalui caranya berurusan dengan media.
Alih-alih mengirimkan siaran media ke semua media di negara dan organisasi berita Pacific, dia hanya mengirim mereka ke jurnalis tertentu di Kepulauan Solomon.
Pernyataan pers terakhir yang secara resmi diterima oleh Solomon Star dari Akwai terkait kunjungan kenegaraan Perdana Menteri selama ke Australia bulan lalu (Agustus).
Pernyataan media tersebut tidak berisi tanggal serta tidak mengungkapkan semua pertemuan PM dan merangkum pokok pertemuan yang terjadi.
Akwai juga turut menemani PM Sogavare ke PIF namun dia tidak mengeluarkan pengumuman apapun ke media mengenai partisipasi delegasi Pemerintah Kepulauan Solomon.(Solomon Star/Elisabeth C. Giay)

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00